26 Kebiasaan Unik Yang Indonesia Banget

Indonesia mempunyai banyak sekali suku dan budaya yang berbeda disetiap tempat.

Oleh karena itu banyak sekali kebiasaan dan hal-hal unik yang terjadi di Indonesia, dari yang buruk sampai yang bikin perut mules.

Pada artikel ini telah dikumpulkan 26 kebiasaan unik yang Indonesia banget untuk menghibur para pembaca Greatness Indonesia. Silahkan disimak.

1. Meludah sembarangan

Disetiap tempat pasti ada saja orang meludah sembarangan. Mau dipasar, di taman, di jalan, hampir disemua tempat deh.

Kalau negeri lain yang sangat menjaga kebersihan, orang yang meludah sembarangan pasti sudah kena hukuman.

2. Tertawa diatas penderitaan orang lain

Ini biasa terjadi dilingkungan teman-teman. Ketika ada teman tergelincir, pasti ditertawakan rame-rame. Kalo ada teman yang secara tidak sengaja makan makanan basi, pasti jadi bahan tertawaan.

3. Buang sampah sembarangan

Taman-taman sering dihiasi dengan bungkusan sisa makanan dan juga botol/kaleng minuman. Abis minum, botolnya dilempar ke segala arah (sesuka hati). Masih untung nda kena kepala orang, kalo kena kepala orang pasti sudah dilempar balik :D.

Puntung rokok juga tidak mau ketinggalan untuk menghiasi jalan.

Makan permen, bungkusnya buang diudara (tapi jatuhnya tetap ke tanah). Ada juga yang sewaktu di mobil suka buang bungkusan lewat jendela mobil sembarangan. Jatuhnya kemana? Cuma Tuhan yang tau.

Ayolah.. buang sampah pada tempatnya. Biar Indonesia bisa jadi negara yang bersih, sehat dan indah. 😉

4. Suka ngumpul ketika ada kejadian sepele

Pertama 1 orang melihat-lihat air dari atas jembatan. Tiba-tiba ada 2 orang yang lewat, trus ikutan lihat kebawah. Eh tidak lama kemudian malah makin banyak yang lihat kebawah. Dan akhirnya semua penasaran dan makin banyak deh orang yang melihat kebawah, padahal tidak ada apa-apa. 😀

Kejadian lainnya, sewaktu tabrakan kendaraan bermotor misalnya. Padahal Cuma nyenggol dikit aja dan ada yang jatuh, pasti semua orang langsung berkumpul. Kendaraan-kendaraan berhenti untuk menyaksikan kejadiannya. Ada pula yang bertanya-tanya seperti wartawan, padahal bukan wartawan.

5. Perut yang tak bisa lepas dari nasi

Makan 5 bungkus roti porsi jumbo plus pisang goreng seharga lima ribu rupiah tapi perut rasanya masih belum terisi. Sepertinya masih belum kenyang.

Karena terbiasa makan nasi sebagai makanan utama, perut orang Indonesia merasa seperti belum makan kalo belum makan nasi.

6. Istilah gaul yang tidak ada di kamus besar bahasa Indonesia

  • Galon (gagal move on)
  • Baper (bawa perasaan)
  • Curhat (curahan hati)
  • Gatot (gagal total)
  • Unyu (lucu)
  • Rempong (repot)
  • Curcol (curhat colongan)
  • De el el

7. Menyerobot antrian

Menyerobot antrian biasanya terjadi di pom bensin.  Orang-orang sudah antri panjang, lama dan kepanasan, eh tiba-tiba ada aja orang yang menerobos di pertengahan. Waduuhh.. bisa-bisa di protes warga 😀

8. Jam karet

Sebutan jam karet sering diberikan kepada orang-orang yang tidak tepat waktu. Disuruh datang jam 7 malah datangnya jam 8. Disuruh datang tepat waktu eh malah kelewatan 1 jam. Hmmmm sepertinya semua orang sering pakai jam karet ya :D.

Tapi berhati-hatilah apabila janjian dengan orang-orang yang penting. Kalau terlambat, bisa-bisa reputasi Anda menurun.

9. Lampu sen + tangan?

Ketika mengendarai kendaraan dijalan, pasti kita sering melihat orang yang ingin berbelok cuma pake lambaian tangan, bukannya pake lampu sen untuk kasi tanda belok.

Malahan ada juga yang walaupun sudah nyalakan lampu sen, masih saja pake tangan untuk memberi tanda “ingin belok”.

Hmmm mungkin dia merasa bahwa lampu sen tidaklah cukup untuk memberitahu orang dibelakangnya bahwa dia ingin berbelok? 😀

10. Polisi tidur

Disetiap lorong-lorong kecil biasanya dipasangi gundukan selebar jalan yang dibuat dari semen, atau yang biasa disebut polisi tidur.

Polisi tidur biasanya dipakai untuk mengurangi laju kendaraan dijalan yang banyak anak-anak berlarian bermain diluar rumah.

11. Kiri bang

Kalimat sakti yang bisa menghentikan 1 kendaraan angkutan umum yang berisi banyak penumpang tanpa ada yang marah.

12. Banyak alasan

Datang terlambat disuatu pertemuan, tapi karena tak ingin disalahkan, maka bilangnya macet. Padahal kejadian sebenarnya tidak macet.

Atau kalo datang terlambat kekampus dan tidak ingin ditulis bolos, bilang saja sakit biar selamat.

Padahal sebenarnya jujur itu jauh lebih baik.

13. Suka ngutang

Budi: bang, nasi bungkusnya 2.. tapi bayarnya minggu depan ya… ngutang dulu.

Bang Anton: loh, utang yang minggu lalu belum dilunasi?

Budi: iya, nanti dilunasi sekalian minggu depan..

Bang Anton: waduuuhhhh…

Mungkin ada diantara teman-teman Anda yang suka ngutang diwarung. Tapi sebaiknya jangan ngutang. Karena kasian juga si penjual kan butuh dana untuk biaya operasional dan modal.. kalau semua ngutang, wah bisa cepat bangkrut dong penjualnya :D.

14. Suka yang gratisan

Tiap ada yang bagi-bagi sembako gratis, semua berkerumun dan saling berdesak-desakan. Tidak jarang juga ada yang saling dorong dan menerobos demi mendapatkan sembako gratis. Akhirnya ada juga korban yang sekarat karena terinjak dari kegiatan saling dorong tersebut.

Bukan cuma sembako, semua hal yang gratisan memang menggiurkan. Tapi  sebaiknya kalau bisa jangan mengharapkan yang gratisan melulu. Apalagi sampai minta makan gratisan 😀 sekali-kali juga harus sadar diri dong..

15. Tak mau rugi

Ketika jalan ke mol dan ketemu sepatu yang selama ini disukai, langsung ketemu pemilik toko untuk minta harga diskon dan di “nego” dari pagi sampe sore. Kalalu belum dapat harga yang pas, ditawar lagi sampai malam. Kalau bisa tidak pulang-pulang deh sampai dapat harga yang miring. Dan karena kegigihannya, maka penjualnya pun dengan berat hati memberikan harga diskon walaupun harus tekor 😀

Tapi giliran dia yang jualan, dan ada yang minta harga diskon, pasti mati-matian tidak mau kasi harga diskon.. cape deh…

Hmmm mungkin begitulah hidup. Manusia pada umumnya tidak ingin rugi. Tapi ketika kita mau berkorban, pasti ada yang mendapat keuntungan..

16. Pacaran diatas motor

Biasanya dipinggir-pinggir pantai atau di pinggir jembatan dihiasi dengan anak-anak muda yang nongkrong dan pacaran diatas motor. Seakan ingin pamer, atau mereka sudah merasa dunia ini milik berdua sampai-sampai tidak peduli lagi dengan apa kata orang.

17. Status galau + lebay

“Tuhan, kalau dia jodohku, dekatkanlah dia padaku”

Waduh… kalau lihat status seperti ini rasa-rasanya ingin menghapus orangnya dari pertemanan. Kerjanya tiap hari Cuma tulis status yang tidak membangun.

Bagusnya buat status yang berguna untuk banyak orang. Jangan cuma jadikan media sosial jadi tempat galau-galau lah…

18. Pasar kaget

Pasar kaget biasanya menguntungkan orang-orang karena bisa  membeli barang tanpa perlu pergi jauh-jauh dengan harga yang kompetitif. Kalo dapat yang murah ya syukur, kalau dapat yang agak mahal ya bisa dipertimbangkan.

19. Gendut = makmur

“Wah kamu sudah makmur ya sekarang..” kalimat yang biasa digunakan kepada orang yang mengalami kenaikan berat badan. Padahal bukan karena makmur. Tapi karena makan, tidur, makan, tidur.

20. Cinta ditolak, dukun bertindak

Biasanya (dan kebanyakan) yang menggunakan konsep ini adalah para lelaki.

Sudah cinta mati sama si Rani, eh malah ditolak mentah-mentah. Langsung deh ke dukun langganan untuk melancarkan aksi “meluluhkan hati Rani”. Cieeee 😀

Hmmm… seharunya seorang lelaki harus bisa gentlemen dan bersikap lapang dada ketika ditolak. Dan mungkin saja belum berjodoh dengan si Rani. Masih banyak kok cewek lain yang bisa dipilih.

21. Berharap THR

Semua karyawan ingin THR (tunjangan hari raya). Perusahaan wajib huikumnya memberi THR kepada karyawannya sebagai tunjangan untuk menyambut hari raya.

THR sangat ditunggu-tunggu oleh karyawan untuk membeli baju baru, dan bahan makanan untuk persediaan dirumah. Kalo tidak dikasi THR, bisa-bisa karyawan ngambek dan pindah ke lain hati.

22. Pamali

“jangan pakai payung didalam rumah”  Begitu kata salah seorang teman. Hmmm padahal kalau mau pakai payung didalam rumah juga kan tidak kenapa-kenapa. Jangan terlalu percaya deh dengan kalimat-kalimat pamali yang negatif. Tapi pertimbangkan kalimat yang positif.

23. Penggemar sinetron

Sinetron Indonesia memang tak ada habisnya. Biasanya penggemar sinetron adalah ibu-ibu dan anak remaja. Kalau sudah sore atau malam, pasti sukanya cuma nongkron didepan TV. Dari senin sampe minggu tidak mau ketinggalan 1 episode pun.

24. Tiap hari raya bertambah baju baru

Menyambut hari raya, toko-toko pakaian selalu diserbu warga. Dari warga kota sampai warga desa, semua tidak ketinggalan ingin memiliki baju baru dihari raya. Tidak pas rasanya kalau hari raya tidak menggunakan baju baru.

25. Pepatah

Indonesia penuh dengan kalimat-kalimat nasehat yang top punya.

Masih ingat dengan pepatah “rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya”? Kalau masih ingat berarti bagus.. Tapi bagi yang sudah lupa, berarti umurnya sudah tua :D.

Nah pepatah itu sudah ditanamkan sejak dini agar mendapat pemikiran yang mantap untuk selalu rajin dan berhemat.

26. Atur damai

Kalau yang satu ini kita pasti sudah sering dengar lah. Banyak oknum-oknum yang terlena dengan manisnya uang (mengalahkan manisnya madu). Bayar dikit, bebas pemeriksaan. Bayar dikit, bebas hukuman. Atur damai lah…

Artikel ini dibuat hanya untuk hiburan semata dan tidak bermaksud untuk menjelek-jelekkan atau menyudutkan siapapun juga.

Jadi kalau ada pembaca yang tersinggung dengan tulisan ini, langsung hubungi nomor kontak kami, nanti atur damai dibelakang.. loh? Hahaha bercanda 😀

Bagaimana? Lucu kan? Memang lucu sih.. tapi banyak juga kebiasaan yang buruknya. Hahaha…

Yah, mudah-mudahan dengan melihat 26 kebiasaan unik yang indonesia banget ini, kita bisa merubah kebiasaan yang buruk mulai dari sekarang agar menjadi lebih baik lagi kedepannya (amin).

Dan mudah-mudahan 5 tahun depan saya akan buat artikel yang judulnya 26 kebiasaan TOP yang Indonesia banget seperti : rajin membaca, tidak suka buang sampah sembarangan, pencetak inovator kelas dunia, pemegang rekor terbanyak, dll.

Nah. Itu semua mulai dari diri masing-masing. Ayo rubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik ya.

Siapa tahu 5 tahun depan nanti Anda menjadi salah satu pionir dari 26 kebiasaan unik yang membawa Indonesia menjadi lebih maju, jangan malu untuk menghubungi Greatness Indonesia untuk dibuatkan ceritanya ya.

Ingin Indonesia lebih maju? Bantu share artikel ini ;)