5 Fakta Mie Ayam Yang Harus Kamu Ketahui

mie ayam jamur

GreatnessIndonesia.com | Siapa yang tidak kenal dengan mie legendaris Indonesia yaitu Mie Ayam? Mie Ayam adalah makanan yang mudah ditemui di sepanjang jalan dan di kios-kios yang menjajakan Mie Ayam dengan rasa yang luar biasa enak.

Kita mungkin pernah berfikir tentang asal-muasal makanan legendaris yang nyaris selalu ada di sepanjang jalan, hehe apakah asalnya dari Indonesia? Bukan, asal Mie Ayam yang sebenarnya adalah dari China selatan namun menurut saya pastilah ada berbagai perubahan yang menyesuaikan dengan selera dan adat di Indonesia.

Mie Ayam yang konon berasal dari negeri China ini bisa masuk ke Indonesia karena banyaknya penduduk China jaman dulu yang merantau hingga sampai ke negeri kita Indonesia ini.

Mie Ayam adalah Mie kuning atau bisa juga mie lain yang direbus lalu diberi potongan ayam yang sudah dibumbui dan diberi potongan-potongan sawi, sedikit minyak sayur dan kadang ada juga penjual Mie Ayam kreatif yang menambahkan pangsit, jamur atau mungkin juga bakso di Mie Ayam buatannya yang menambah ramai di mulut saat makan Mie Ayam yang benar-benar seger dimulut.


Jangan hanya tahu makan Mie Ayam saja..  Tapi Kamu harus tahu juga fakta yang ada di Mie Ayam tersebut..

Banyak fakta menarik tentang makanan Mie Ayam yang sebenarnya dibuat oleh perantau China yang datang ke Indonesia pada jaman dahulu dan berikut 5 fakta Mie Ayam yang harus kamu ketahui :

1. Mangkok Ayam Jago Legendaris

mangkuk cap ayam jago

mangkuk cap ayam jago

Mungkin kita secara tidak sadar selalu menggunakan mangkok yang gambarnya “ayam jago” saat makan Mie Ayam, hehe tentu kalian akan bertanya “kenapa selalu ada gambar ayam jago di mangkok ini? Apa alasannya?” Setelah saya baca di Kaskus, ternyata ada yang menjelaskan kenapa mangkok Mie Ayam sebagian besar bergambar ayam jago, yaitu karena orang China mempercayai “ayam” sebagai lambang rejeki.

mangkuk cap ayam jago di film kungfu hustle

mangkuk cap ayam jago di film kungfu hustle

Lambang ayam yang berarti rejeki ini dipakai biar dagangannya laris atau sebagai penyemangat pedagang agar berusaha menjual dagangannya.

Ingat : Mie Ayam kan dulu asalnya dari China, dan orang china percaya dengan hal-hal yang konon membawa keberuntungan dan menurut saya kepercayaan seperti ini sebagai penyemangat bahwa Tuhan akan selalu melapangkan rejeki kita jika kita bersemangat dalam mencari rejeki.

Tentunya kita tahu Mie Ayam jaman dulu dijajakan dengan usaha yang tidak mudah, karena menggunakan gerobak dan didorong ke tempat ramai seperti di pinggir jalan, taman dan lainnya supaya menarik perhatian konsumen.

2. Jenis Mie Yang Beraneka Ragam

Mie Ayam memiliki banyak variasi rasa dan jenis dan seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa Mie Ayam telah berevolusi sesuai dengan tempat dan selera masyarakat Indonesia.

Salah satu contohnya adalah adanya Mie Ayam ceker, Mie Ayam bakso, Mie Ayam pangsit, Mie Ayam jamur dan berbagai variasi lain yang tentunya dibuat agar menarik pembeli.

3. Mie dengan Gizi Tinggi

Walaupun Mie Ayam terbilang makanan sederhana, tetapi jangan anggap remeh kandungan gizinya. Semangkuk Mie Ayam juga memiliki gizi yang sangat baik untuk tubuh. Oleh karena itu mari kita bahas mengenai nilai gizi dari Mie Ayam:

  • Mie

Mie Ayam dibuat dari mie kuning basah yang bahan baku pembuatnya adalah tepung gandum dan mengandung kalori yang besar. Mie kuning jenis ini hanya mampu bertahan singkat yaitu 40 jam atau kira-kira dua hari.

  • Sayuran

Sayuran hijau berupa sawi yang direbus mengandung vitamin A, vitamin C dan protein serta mineral penting didalamnya yang baik untuk tubuh

  • Daging Ayam

Daging ayam yang mengandung zat besi yang membuat anda terhindar dari anemia, meningkatkan masa otot karena mengandung protein yang tinggi, mengandung vitamin B5 yang memberikan efek tenang pada syaraf manusia, mencegah kanker karena mengandung vitamin B

  • Bahan lainnya

Bahan tambahan lain seperti bayam, kecap, campuran minyak sayur dan bawang, saos, kaldu ayam dan bahan lainnya yang menambah cita rasa dan vitamin serta kandungan lain yang membawa manfaat bagi tubuh manusia.

  • Mitos Legendaris

Ada orang yang bilang kalau “semakin jelek gerobaknya maka semakin enak Mie Ayamnya, hehehe disini yang dibilang gerobaknya lho, kalau soal alat-alat masak pasti lah bersih. Mungkin karena gerobaknya selalu digunakan dan tak sempat di servis sampai kadang kelihatan jelek saking larisnya dagangannya, hehe. Namun tenang sobat karena alat-alat masak pastilah di cuci bersih karena untuk menjaga rasa agar tetap nikmat di lidah.

5. Sangat Enak Dimakan Ketika Panas

Mie Ayam akan terasa segar dimulut jika dimakan saat panas ataupun hangat. Kriuk pangsitnya enak banget dan bikin semua orang yang melihat orang yang sedang makan Mie Ayam juga ngiler, hehe dan kamu harus tahu bahwa kandungan kalori di Mie Ayam kira-kira 500 kalori per mangkoknya. Cukup mengenyangkan ya? Hehe karena manusia rata-rata hanya membutuhkan 1.700 sampai 2.000 kalori per hari.

Sekian artikel saya kali ini tentang 5 Fakta Tentang Mie Ayam. Simak terus artikel lainnya mengenai fakta unik makanan Indonesia hanya di GreatnessIndonesia.com, Semoga bermanfaat. (artikel ini ditulis oleh Hanung Bayu Adji. Terimakasih buat kontributor yang sudah mengirimkan artikel kepada kami).

Bantu share ya ;)

leave a reply

Comment

Name

E-mail

Website