Pempek Makanan khas dari Palembang

pempek_bangka

GreatnessIndonesia.com | Tahu kan makanan khas sumatra selatan yang satu ini? Namanya sudah tidak asing lagi karena sudah tersebar di berbagai provinsi di indonesia. Kuliner itu bernama Pempek, atau “Empek-empek” yaitu makanan khas Palembang yang tebuat dari sagu dan disertai ikan yang sudah di haluskan, dan beberapa komposisi tambahan lain seperti telur,garam, bawang putih, dan garam.

Pempek biasanya wajib ditemani dengan saus khasnya yang berwarna hitam kecoklatan dan memiliki rasa pedas asam yang khas yaitu cuka atau biasa disebut cuko oleh masyarakat Palembang.

Cuka atau cuko tadi dibuat dengan air yang sudah di didihkan, kemudian ditambahkan dengan campuran gula merah, cabe rawit, bawang putih, garam, dan udang ebi jika ingin.

Awalnya cuko ini selalu di buat pedas oleh masyarakat asli palembang, alasannya adalah untuk meningkatkan cita rasa dan nafsu makan, tetapi seiring berkembangnya makanan pempek di luar daerah provinsi sumatra selatan, cuko sering dibuat manis agar penikmat pempek yang tidak menyukai pedas dapat memakannya juga.

Pelengkap lain dari makanan ini adalah irisan ketimun yang segar dan mie kuning.

Jenis yang sangat terkenal di kalangan penikmat pempek adalah jenis “PEMPEK KAPAL SELAM” yaitu adonan pempek yang berisi telur ayam didalamnya, dan di goreng.

Baca juga : sate, makanan khas indonesia yang berasal dari jawa

 

Sejarah Pempek

pempek_kuah_cuko

pempek kuah cuko By Gunawan Kartapranata (Own work) [CC BY-SA 3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)], via Wikimedia Commons

Sebenarnya pempek sudah masuk ke indonesia sejak abad ke-16, yaitu saat pedagang cina masuk ke palembang dan masa Sultan Mahmud Baharuddin II Sedang berkuasa pada kala itu di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama pempek atau empek-empek berasal dari sebuah sebutan yaitu “apek”, yang berartikan Lelaki muda dari keturunan Cina.

Pada awalnya pempek dibuat menggunakan daging ikan belida, namun dikeranekan harga ikan belida mulai mahal dan juga ikan belida mulai jarang detemui, maka daging ikan belida digantikan dengan daging ikan gabus, karena sama-sama gurih dan harganya juga lebih murah ketimbang ikan belida.

Namun pada perkembangan selanjutnya pempek mengalami banyak variasi perpaduan daging ikan , mulai daging ikan air tawar seperti ikan tomak dan ikan bujuk, dan juga ikan laut seperti ikan tenggiri, dan ikan kakap merah dan sebagainya.

Dan sebenarnya kita tidak bisa berasumsi bahwa pempek adalah makanan khas palembang dikarenakan faktanya pempek dibuat hampir diseluruh sumatra selatan, namun kota palembang lah yang paling menonjol dari proses perkembangan serta pembuatan pempek itu sendiri, makanya masyarakat lebih mengenal pempek adalah makan khas kota palembang .

 

Jenis – jenis pempek

pempek_kapal_selam_bandar_lampung

pempek kapal selam bandar lampung By Midori (Own work)  CC-BY-SA-3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/)], via Wikimedia Commons

Jenis pempek pada saat ini sangat bervariasi karena tercampurnya budaya yang ada di provinsi lain yang dipadukan dengan makanan ciri khas sumatra selatan ini. Dari satu adonan pempek biasanya menghasilkan banyak variasi, tetapi bergantung pada komposisi dan cara pengolahan terakhir dan penyajiannya juga.

Pada saat ini pempek sudah dipadukan dengan bahan modern seperti pempek keju, pempek daging sapi, pempek sosis, dan bahakan warga palembang saat ini membuat pempek menggunakan bahan dasar dari terigu dan campuran nasi untuk pengganti ikannya. Pempek yang biasa kita kenal adalah pempek kapal selam, pempek bulat, pempek lenjer dan sebagainya.

Untuk jenis lainnya, beberapa makanan yang terinspirasi dari pempek yaitu seperti celimpungan, model, laksan , lenggang, dan tekwan. Celimpungan dan laksan contohnya makanan ini terinspirasi dari kuliner pempek namun disajikan berbeda karena pada pengolahan terakhirnya berbeda, celimpungan dan laksan menggunanakan kuah berbahan dasar dari santan.

Baca juga : nasi goreng, makanan yang populer di Indonesia

 

Cara membuat pempek

pempek-campur

pempek campur By Midori (Own work) [ CC-BY-SA-3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/)], via Wikimedia Commons

Bahan-bahan yang harus disediakan untuk membuat pempek adalah:

  • 200gr tepung sagu/tapioka
  • 1 sdt gula pasir
  • 125gr tepung terigu protein sedang
  • 250ml air
  • 1 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 2 sdt garam
  • ¼ Penyedap rasa ( Monosodium Glutamat)
  • 2 butir telur
  • 1 telur untuk isian
  • 500gr ikan tenggiri (tidak wajib) dan haluskan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cuka adalah :

  • 3 buah Gula jawa
  • 2 sdm ebi kering ( dihaluskan)
  • 250gr gula aren/merah
  • Cabe ( gunakan secukupnya )
  • 200gr bawang putih yang telah dihaluskan
  • 1L air
  • 2/3 buah timun di potong kecil-kecil

Proses pembuatan

pertama buat dulu cukanya, dengan tahapan seperti ini :

  1. Langkah pertama yaitu ambil asam jawa, dan gula merah lalu rebus secara bersamaan
  2. Jika sudah direbus hingga mendidih tambahkan cabe rawitnya, garam, bawang putih, kemudian aduk semuanya hingga rata dan pisahkan ke mangkuk
  3. Sebenarnya pada tahap kedua sudah selesai namun jika ingin tambahan silahkan tambahkan timun.

Untuk pembuatan Pempek :

  1. Masak air hingga mendidih kemudian tuangkan ke wadah, tambahkan penyedap rasanya, tepung terigu dan bawang putihnya. Lalu aduk semuanya hingga merata dan memiliki tekstur kental, setelah itu didinginkan.
  2. Tambahkan ikan tenggiri yang sudah di cincang atau sudah di haluskan, dan telur lalu di aduk hingga adonan tercampur halus
  3. Setelah it baru tambahkan tepung sagu, lalu aduk. Jika terasa lengket silahkan tambahkan lagi tepung sagunya, baru di bentuk sesuai selera.
  4. Kemudian rebus air hingga mendidih, ambil adonan pempek sebelumnya yang berisi telur tadi kemudian rebus hingga adonan mengapung, dan telurnya juga matang. Angkat dan tiriskan
  5. Setelah itu biarkan dulu kering pempeknya sebelum digoreng tunggu beberapa menit agar tidak terlalu lembab
  6. Setelah kering barulah di goreng mengunakan api kecil saja, goreng hingga berwarna kecoklatan.
  7. Jika sudah angkat dan tiriskan, potong jadi beberapa bagian dan letakan di piring, dan tambahkan lah cuka yang sebelumnya kita buat tadi.

 

Tips Memasak Dan Membeli Pempek

empek-empek_bangka_2

empek empek bangka By Taman Renyah (Own work) [CC BY 3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by/3.0)], via Wikimedia Commons

seperti biasa kita adakan tambahan tips untuk makanan.

  1. Untuk memasak, diharapkan agar memperhatikan isi dari pempek, dikarekan telur yang ada didalamnya tidak matang.
  2. kedua , jangan telalu besar memasang api saat proses penggorengan karena akan menciptakan masakan yang matang diluar namun mentah di dalam
  3. ikan tenggirinya lebih banyak lebih bagus untuk menimbulkan cita rasa ikan di dalam pempek
  4. pada awalnya dan dasarnya, cuka yang baik untuk pempek adalah yang memiliki tekstur kental, bukan cair. Dan memiliki rasa pedas yang tinggi
  5. ketika membeli pempek, usahakan tanya terlebih dahulu menggunakan ikan apa. Karena tidak semua pempek cocok rasanya dilidah, jika khas palembang pasti menggunakan ikan tenggiri
  6. pempek asli hanya bertahan 1 sampai 1 setengah hari.
  7. Jika menginginkan pempek yang bercitarasa asli dan khas palembang biasanya relatif mahal. Sekitar 1 jenis pempek sepanjang 30cm bisa sampai 30 rb.
  8. pempek selain di goreng bisa juga dijadikan keripik, di potong tipis lalu digoreng.

 

Itulah kurang lebih cara memasak dari pempek, dan tips untuk membeli, mengolah, dan memasak pempek. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat terima kasih.

Bantu share ya ;)

leave a reply

Comment

Name

E-mail

Website