Rendang, Makanan Terlezat di Dunia Yang Berasal Dari Sumatera Barat, Indonesia

rendang-sapi

GreatnessIndonesia.comRendang kuliner khas yang berasal dari Indonesia, terkenal sebagai makanan yang terenak didunia mengalahkan makanan lainnya dari beberapa negara.

Fakta ini muncul pada hasil survey tahun 2011 tentang 50 makanan terlezat dunia yang diadakan oleh CNN. Sebanyak 3.500 orang memberikan suara untuk makanan favoritnya dan hasilnya menunjukkan bahwa Rendang menjadi makanan terenak didunia mengalahkan 47 makanan lainnya dari berbagai negara. Sungguh prestasi yang sangat membanggakan.

Tentu saja dari hasil survey ini kuliner Indonesia terkenal dengan cepat dan membuat negara lain meliriki kuliner Indonesia .

Nah, supaya tidak ketinggalan berita, tidak ada salahnya bila kita berkenalan lebih lanjut dengan makanan terenak didunia ini, supaya ketika ditanya sama bule (turis asing), kita bisa memberikan penjelasan yang lengkap. Ayo baca lebih lanjut.

baca juga : Sate, makanan khas Indonesia.

Asal usul Rendang

nasi-goreng-rendang

nasi goreng rendang By A guy from the Netherlands (Own work) [Public domain], via Wikimedia Commons

Jika ditelusuri lebih dalam Rendang bukanlah sebuah masakan namun lebih mengarah pada teknik memasak yang khas yaitu dengan cara mengawetkan daging dan merendamnya kedalam santan disertai rempah-rempah yang dicampur dan dipanaskan dengan api.

Proses pemanasan dan pengaadukan secara terus-menerus dengan waktu yang cukup lama dan memperhatikan besar kecil api yang dibutuhkan dalam memasak daging tadi.

Rendang merupakan kuliner asli Minangkabau yang sudah diperikaran dari ratusan tahun lalu diturunkan, pada kala itu masyarakat Minangkabau masih sangat sederhana dan hidup berpindah-pindah tempat, jadi mereka mencari cara agar daging yang mereka miliki bisa awet dan untuk persediaan makan cepat saat mereka membutuhkannya, dan salah satu penyiasatan mereka yaitu dengan cara mengawetkan daging melalui Rendang tadi.

 

Simbolisasi Rendang

rendang-hati

rendang-hati By Midori (Own work) [GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html), CC-BY-SA-3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/) or CC BY-SA 2.1 jp (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.1/jp/deed.en)], via Wikimedia Commons

Okey, makanan Rendang bukan hanya sekedar makanan yang ditemukan oleh seseorang yang memasak daging bersama kuah santan dengan waktu yang lama, dan… *cling* jadilah Rendang. Setelah Rendangnya jadi kemudian dimakan dan kenyang.

Makanan Rendang bukanlah sekedar makanan, karena Rendang memiliki arti-arti yang sangat mendalam dengan kehidupan warga Minangkabau. Jadi baca lebih jauh kebawah ya…

Rendang memiliki  14 bahan rempah yang menjadi ciri khasnya yaitu : cabai merah, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, merica, keelaa, buah pala, garam, jahe, laos, jeruk purut, daun salam, kunyit, dan batang serai.

Berubungan dengan sebelumnya Rendang juga selalu disajikan pada upacara adat BAJAMBA GADANG (Pesta makan besar bersama), yaitu pesta pengukuhan dan pengakuan seorang datuk di daerah tersebut.

Pada pesta kuliner itu wajib memiliki kuliner utama yang biasa disebut kuliner tiga warna. Konsep kuliner 3 warna adalah makanan yang memiliki warna dan mengandung arti-arti tersendiri dari setiap warnanya. Konsep ini adalah hasil putusan lembaga adat sekitar dan maknanya harus di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Yang pertama adalah warna Kuning, dan diwakili oleh Kuliner Gulai Cubadak(nangka) dan di campur dengan daging. Kuning memiliki arti kebesaran, keagungan, muda, kegembiraan, dan jiwa yang dinamis.

Yang kedua adalah Merah, di wakili oleh Ikan atau telur yang dimasak dan di campur dengan cabai merah. Merah sendiri mengandung arti keberanian, percaya diri, pantang menyerah dan bergairah.

Yang ke tiga dan terakir adalah Hitam, dan diwakili oleh kuliner Rendang daging disertai santan dan campuran rempah. Hitam memiliki arti kesan yang kuat, tidak mudah rapuh atau lapuk oleh hujan dan tak pernah lekang jika terkena sinar matahari.

 

Makna yang terkandung dalam Rendang

rendang

rendang By Sakurai Midori (Own work) [CC BY-SA 2.1 jp (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.1/jp/deed.en), GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html) or CC-BY-SA-3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/)], via Wikimedia Commons

Secara pandangan filosof dan berdasarkan budaya Minangkabau, Rendang memiliki posisi yang sangat terhormat. Rendang terdiri dari 3 komposisi paten yaitu:

  1. Daging (biasanya memakai daging sapi), sebagai bahan yang paling utama, sebagai lambang Kepala adat atau para pemimpin suku (niniak mamak) dan ibu(bundo kanduang) yang bersimbol pemberi kemakmuran.
  2. Kelapa (karambia), lambang kaum cerdas dan cerdik serta pandai(kaum intelektual) yang berfungsi sebagai dinamisator masyarakat Minangkabau.
  3. Cabai (lado), sebagai lambang dari alim ulama yang tegas untuk mengajak masyarakat pada agama (syarak).

Ke tiga bumbu ini disatupadukan sebagai bumbu dan diikat menjadi satu sebagai simbol dari keseluruhan masyarakat Minangkabau.

Rendang juga menjadi dasar dari lambang laki-laki Minangkabau yang harus merantau dan perempuan padang yang harus tinggal dirumah, seperti kutipan berikut

“Spirit merantau yang terdapat di dalam filosofi proses meRendang, yakni bahwa seorang pemuda harus berkontribusi kepada masyarakat secara terus-menerus. Hal ini dianalogikan seperti adukan demi adukan pada saat meRendang,  mencampurkan santan dan rempah sehingga warnanya berubah menjadi kecoklatan hingga hitam yang bermakna kekuatan dalam memegang prinsip kejujuran dan kebijaksanaan.” (Martion, Jantra, 2014)

Bagi rakyat Minang, Rendang tidak hanya menjadi bahan kuliner dan disajikan di rumah makan padang di seluruh dunia tetapi juga menjadi dasar filosofi yang sangat dalam.

 

Beberapa Fakta Mengenai Rendang

rendang-domba

rendang-domba by GeeJo CC BY-SA 2.0

  • Rendang merupakan makanan terenak nomor 1 versi CNN pada tahun 2011. Makanya Rendang sudah terkenal di seluruh dunia.
  • Rendang juga mendapat penghargaan sebagai “THE MOST BALANCED FOOD” dalam acara LA Travel & Adventure Show, yaitu sebuah pameran travel terbesar yang berada dan diselenggarakan di amerika pada tanggal 14 januari 2012 di kota Los Angles, Amerika
  • Pada pesta-pesta adat yang dianggap besar, Rendang dikerjakan oleh para laki-laki secara berkelompok. Pada kegiatan sehari-hari dikerjakan oleh perempuan. Secara alami, bahwa laki-laki memiliki stamina tubuh yang lebih kuat.
  • Dahulu Rendang hanya di masak untuk kalangan atas dan kalangan kaum bangsawan. Rendang dimasak menggunakan kelapa tua dikarenakan untuk mendapat cita rasa santan yang kuat pada Rendang tersebut
  • Jika dimasak dengan api yang kecil maka makanan tersebut disebut kari daging, dan jika dimasak lebih lama lagi dan kuah tak sampai kering akan disebut kalio daging. Masakan akan disebut Rendang jika kuah sudah benar-benar mengering.
  • Walaupun Rendang adalah makanan khas indonesia tapi Rendang memiliki cita rasa India
  • Rendang juga ternyata memiliki cita rasa khas eropa timur, maka dari itu tidak heran jika di eropa timur ada menu masakan Rendang atau sejenisnya.
  • Rendang berasal dari pegunungan, tepatnya berada di pariangan, sumatra barat, dan akhirnya terkenal hingga merambah ke kuliner kelas internasional.
  • Rendang memiliki ketahanan yang sangat lama sehingga tak mudah basi dan juga memiliki citarasa pedas yang unik, kenapa? Karena pedasnya hanya di rongga-rongga mulut lalu ketika di telan pedasnya menghilang.
  • Yang terakhir yaitu, Juri dari salah satu acara masak-memasak bergengsi yaitu Master Chef Australia (George Calombaris) Tertarik dengan rasa dari makanan Rendang ini.

baca juga : 5 fakta mie ayam yang harus kamu ketahui.

Bantu share ya ;)

leave a reply

Comment

Name

E-mail

Website